PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
PELUANG USAHA SEPATU ETNIK “SNETNIK”
BIDANG KEGIATAN :
PKMK
Diusulkan oleh :
I Made Yudha Prabawa (30408446) / 2008
Bayu Saputra (30408443) / 2008
Eki Almaidi (31408014) / 2008
Juprianto (30407482) / 2007
Muh. Ridwan (30408564) / 2008
UNIVERSITAS GUNADARMA
JAKARTA
2010
1. Judul Kegiatan : Peluang Usaha Sepatu Etnik “SNETNIK”
2. Bidang Kegiatan : ( ) PKMP (√ ) PKMK
( ) PKMT ( ) PKMM
Bidang Ilmu : ( ) Kesehatan ( ) Pertanian
( ) MIPA (√ ) Teknologi dan Rekayasa
( ) Sosial Ekonomi ( ) Humaniora
( ) Pendidikan
3. Ketua Pelaksana Kegiatan/Penulis Utama
a. Nama Lengkap : I Made Yudha Prabawa
b. NIM : 30408446
c. Jurusan : Teknik Industri
d. Universitas/Institut/Politeknik : Universitas Gunadarma
e. Alamat Rumah dan No Tel./HP : Vila Nusa Indah 1
Blok E5 No 8
Bojong Kulur, Bogor
HP. 08889960564
4. Anggota Pelaksana Kegiatan/Penulis : 5 orang
1. Dosen Pendamping
a. Nama Lengkap dan Gelar : Dr. Ir. Hotniar Siringoringo,M.Sc.
b. NIP : 910177
c. Alamat Rumah dan No Tel./HP : Apartemen Margonda Residence
E305, Jl. Margonda Raya Depok
2. Biaya Kegiatan Total Dikti : Rp.10.000.000,-
7. Jangka Waktu Pelaksanaan : 3 bulan
Jakarta, 17 Oktober 2010
Menyetujui
Ketua Jurusan Ketua Pelaksana Kegiatan
(Dr. Ir.Rakhma Oktavina, M.T) (I Made Yudha Prabawa)
NIP. 000907 NIM.30408446
Pembantu Rektor Dosen Pendamping
Bidang Kemahasiswaan
(Irwan Bastian, S.Kom, MMSi) (Dr.Ir.Hotniar Siringoringo,M.Sc)
NIP. 930390 NIP. 910177
A. Judul
Peluang Usaha Sepatu Etnik “SNETNIK”
B. Latar Belakang Masalah
Indonesia memiliki beraneka ragam budaya yang unik dan menarik di setiap daerahnya. Keindahan dan keunikan kebudayaan ini juga menarik minat negara lain untuk mengakuinya dan akhirnya menjadi isu internasional yang mengusik eksistensi kebudayaan Indonesia. Sebagai warga negara dan generasi muda Indonesia, sudah seharusnya mulai dari sekarang menjaga dan melestarikan kebudayaan-kebudayaan yang ada.
Beberapa tahun belakangan ini, banyak pengusaha yang telah ikut melestarikan kebudayaan Indonesia dengan mengkreasikannya pada produk-produk yang mereka pasarkan. Melalui usaha tersebut, terlihat pasar Indonesia juga merespon positif produk-produk yang mengusung kebudayaan Indonesia dalam disain dan cara pemasarannya. Namun dari sekian banyak produk yang telah diproduksi, pengusaha masih belum banyak yang melirik golongan muda sebagai target pasar yang potensial.
Bagi anak muda masa kini, sepatu sudah menjadi bagian dari fashion yang tidak lagi disepelekan. Sepatu yang diproduksi kini tidak lagi hanya memperhitungkan kualitas dari fungsi utama sepatu tersebut yaitu sebagai pelindung kaki, tetapi juga harus mepertimbangkan tampilannya. Berdasarkan hal tersebut, kami ingin mengkreasikan dan memberikan warna dari kebudayaan 33 provinsi di Indonesia ke dalam disain sepatu yang akan dipasarkan kepada anak muda.
C. Perumusan Masalah
Banyak tantangan yang dihadapi dalam merealisasikan pembuatan sepatu etnik ini. Masalah-masalah yang akan dihadapai adalah sebagai berikut:
1. Bagaimana merancang sepatu etnik agar terlihat menarik tanpa meninggalkan fungsi utamanya sebagai pelindung kaki?
2. Bagaimana memperkenalkan sepatu etnik sebagai produk yang berkualitas, namun tetap fashionable?
3. Bagimana cara pemasaran sepatu etnik agar terjangkau bagi seluruh golongan?
D. Tujuan Program
Program kreativitas mahasiswa bidang kewirausahaan ini tidak terlepas dari suatu tujuan. Ada beberapa tujuan yang ingin dicapai, yaitu:
1. Mendisain sepatu etnik yang fungsional dan fashionable.
2. Mengidentifikasi proses pembuatan sepatu etnik.
3. Memperkenalkan sepatu etnik sebagai terobosan produk asli Indonesia.
4. Membuat rencana pemasaran.
5. Menganalisis kelayakan usaha menggunakan analisis finansial.
E. Luaran yang Diharapkan
Berdasarkan tujuan yang ingin dicapai, maka luaran yang diharapkan dari program usaha sepatu etnik ini adalah:
1. Disain produk sepatu etnik yang diminati oleh masyarakat, khususnya anak muda.
2. Proses produksi sepatu etnik yang efisien dan menguntungkan.
3. Sepatu etnik menjadi salah satu produk asli Indonesia yang diakui.
4. Manajemen pemasaran sepatu etnik yang efektif.
5. Perhitungan untung rugi usaha dan rencana kelanjutan usaha.
F. Kegunaan
Kegunaan dari program ini adalah menciptakan produk sepatu baru yang dapat diperhitungkan dimasyarakat serta menjadi salah satu media promosi kebudayaan Indonesia agar kelestariannya tetap terjaga. Diharapkan nantinya bisa dijadikan sebagai peluang usaha, sehingga dengan adanya program ini dapat mengurangi tingkat pengangguran.
G. Gambaran Umum Rencana Usaha
Sepatu telah menjadi suatu kebutuhan bagi sebagian besar generasi muda yang masih mengecap dunia pendidikan. Berdasarkan survai dan melihat pasar produk-produk kebutuhan generasi muda seperti tas batik yang juga mengusung kelestarian budaya Indonesia, maka dengan manajement pemasaran yang baik sepatu etnik ini akan dapat mendobrak pasar sepatu anak muda. Oleh karena itu, usaha pembuatan sepatu etnik ini dimaksudkan agar memberikan inovasi baru dalam dunia industri sepatu.
Desain sepatu etnik yang menarik dapat meningkatkan minat pembeli agar dapat membeli sepatu yang dijual. Program ini memang untuk saat ini diperutukan ke dalam industri rumahan dengan tampa menutup kemungkinan dapat diproduksi secara masal. Saat ini proses produksinya hanya akan mengandalkan kreatifitas rancangan dan sedikit keahlian menjahit. Sehingga diharapkan program ini dapat dengan mudah diaplikasikan oleh masyarakat dan keberlangsungannya dapat terus dilaksanakan.
H. Metode Pelaksanaan
Program akan dilaksanakan dalam beberapa tahap, seperti yang dapat dilihat pada Gambar 1. Pelaksanaan program dimulai dengan melakukan survei pasar. Survei pasar dilakukan untuk mengidentifikasi pasar sasaran. Survei pasar juga dilakukan untuk mengindetifikasi desain yang menarik bagi konsumen. Instrumen yang digunakan dalam survei pasar adalah kuesioner. Kuesioner akan dikembangkan berdasarkan pengertian minat dan dalam bentuk tertutup. Pilihan jawaban akan disediakan menggunakan skala pengukuran Likert.
Gambar 1. Diagram Alir Pelaksanaan Program
Penentuan responden menjadi hal penting dalam survei pasar. Produk ini direncanakan di pasarkan di sekolah-sekolah dan kampus Bekasi dan sekitarnya maka yang menjadi responden adalah konsumen yang ada di Bekasi. Penentuan jumlah responden menggunakan teknik sampling non purvosive, yaitu suatu teknik pengambilan sampel yang didasarkan atas tujuan tertentu. Dari data yang terkumpul, segmentasi dan pasar target dapat dirumuskan.
Simbol menunjukan rata-rata skor pada kelompok tertinggi, adalah rata-rata skor pada kelompok rendah, merupakan varian distribusi jawaban pada kelompok tertinggi, merupakan varian distribusi pada kelompok rendah, nH adalah jumlah subyek pada kelompok tinggi, dan nL adalah jumlah subjek pada kelompok rendah.
Desain produk yang diinginkan konsumen mungkin akan sangat beragam, sehingga diperlukan proses pemilihan. Pemilihan desain produk dilakukan dengan membuat daftar kriteria dan pembobotan. Pemeringkatan dilakukan dan desain yang terpilih adalah desain dengan peringkat tertinggi.
Proses produksi akan dirancang sesuai dengan desain yang telah dipilih. Proses produksi meliputi pemilihan jenis sepatu, desain sepatu, dan aksesoris yang digunakan. Proses produksi akan dilakukan dalam jumlah terbatas pada tahap awal.
Implementasi program atau rencana pemasaran dilakukan di kabupaten Bekasi, mengingat produk sejenis berdasarkan hasil survei sebelumnya belum terdapat sepatu etnik beredar di pasaran. Bahan baku pembuatan sepatu etnik yaitu sepatu polos tanpa motif, kain batik atau sejenis yang menggambarkan kebudayaan dari 33 provinsi di Indonesia dan aksesoris pendukung lainnya tersedia di pasaran.
Analisis kelayakan usaha berdasarkan kelayakan finansial dilakukan menggunakan metode penentuan periode pengembalian, dan analisis sensitivitas.
Periode pengembalian adalah waktu yang diperlukan (dalam satu tahun) untuk mengembalikan investasi yang telah ditanamkan oleh penanam modal berdasarkan aliran kas yang dihasilkan. Cara untuk mengambil keputusan dengan metode ini adalah dengan membandingkan periode pengembalian investasi yang diusulkan dengan umur ekonomis aktiva, apabila periode pengembalian lebih pendek daripada umur ekonomis aktiva maka rencana investasi dapat diterima, sedangkan apabila lebih panjang daripada umur ekonomis aktiva maka rencana investasi ditolak. Alternatif dengan pengembalian yang lebih singkat merupakan pilihan yang lebih baik.
Simbol merupakan jumlah keuntungan yang telah di diskon, adalah jumlah keuntungan yang telah di diskon sebelum periode pengembalian, dan Bp adalah jumlah keuntungan pada periode pengembalian berada.
Atau menurut Soekartawi (1995)
Analisis sensitivitas untuk mengetahui sejauh mana tingkat sensitivitas atau pengaruh dari beberapa variabel terhadap pendapatan dan keuntungan perusahaan berdasarkan skenario yang logis. Pada analisis sensitivitas ini dihitung Net Present Value (NPV) yaitu metode untuk menghitung selisih nilai sekarang investasi dengan nilai sekarang permintaan kas bersih di masa yang akan datang. Suatu proyek dikatakan layak secara ekonomis jika nilai NPV positif (lebih besar dari nol), dan jika sebaliknya maka proyek ditolak karena dinilai tidak menguntungkan.
Simbol Ao menunjukkan pengeluaran investasi pada tahun ke-0, At adalah aliran kas masuk bersih pada tahun ke-t, r merupakan tingkat keuntungan yang disyaratkan oleh pemilik modal dengan memperhatikan resiko usaha, dan n adalah jumlah tahun atau usia ekonomis proyek.
Internal Rate of Return (IRR) adalah perhitungan tingkat suku bunga yang menyamakan nilai sekarang investasi dengan nilai sekarang penerimaan kas bersih dimasa yang akan datang. Suatu rencana investasi dikatakan layak jika memiliki nilai IRR lebih besar dari tingkat suku bunga bank yang berlaku (Minimum Assractive Rate of Return/MARR). Jika terjadi sebaliknya, maka rencana investasi tersebut dianggap tidak layak untuk direalisasikan, dengan menggunakan persamaan PW (Present Worth), IRR adalah persentase dengan persamaan:
Simbol Rt adalah penghasilan atau penghematan netto untuk tahun ke-t, Et adalah Pengeluaran netto termasuk tiap biaya investasi untuk tahun ke-t, dan N merupakan jumlah tahun atau usia ekonomis proyek (periode studi).
I. Jadwal Kegiatan
Jadwal kegiatan program dari penelitian yang akan dilakukan adalah sebagai berikut:
Tabel 1. Jadwal Pelaksanaan Kegiatan | ||||||||||||
Kegiatan | Waktu | |||||||||||
Bulan ke-1 | Bulan ke-2 | Bulan ke-3 | ||||||||||
Minggu I | Minggu II | Minggu III | Minggu IV | Minggu V | Minggu VI | Minggu VII | Minggu VIII | Minggu IX | Minggu X | Minggu XI | Minggu XII | |
Mengidentifikasikan pasar sasaran | ||||||||||||
Membuat kuesioner | ||||||||||||
Melakukan penyebaran kuesioner | ||||||||||||
Melakukan pengolahan data kuesioner | ||||||||||||
Pemilihan desain produk | ||||||||||||
Mendesain proses produksi | ||||||||||||
Implementasi program | ||||||||||||
Melakukan analisis kelayakan usaha | ||||||||||||
Membuat laporan akhir kegiatan |
J. Rancangan Biaya
Rancangan biaya yang diperlukan untuk melakukan kegiatan ini dapat dirinci sebagai berikut:
Tabel 1. Rancangan Biaya Pelaksanaan Program PKM
1. | Bahan Habis Pakai | |
Sepatu Polos 100 Pcs @ Rp. 50.000 | = Rp. 5.000.000,- | |
Kain Batik atau Sejenis 6 m @ Rp. 250.000 | = Rp. 1.500.000,- | |
Benang 50 buah @ Rp. 2.500 | = Rp. 125.000,- | |
Kertas A4 4 rim @ Rp. 35.000,- | = Rp. 140.000,- | |
Tinta hitam 3 catridge @ Rp. 120.000,- | = Rp. 360.000,- | |
Tinta warna 1 catridge @ Rp. 250.000,- | = Rp. 250.000,- | |
Fotocopy kuesioner 1000 lembar @ Rp. 150,- | = Rp. 150.000,- | |
Total | = Rp. 7.525.000,- | |
2. | Peralatan Penunjang PKM | |
Gunting 5 buah @ Rp. 30.000,- | = Rp. 150.000,- | |
Penggaris 2 buah @ Rp. 10.000,- | = Rp. 20.000,- | |
Cutter 5 buah @ Rp. 15.000,- | = Rp. 75.000,- | |
Jarum 1 set @ Rp. 15.000,- | =Rp. 15.000,- | |
Meteran 1 buah @ Rp. 5.000,- | = Rp. 5.000,- | |
Total | = Rp. 265.000,- | |
3. | Perjalanan selama 4 minggu @ 4 hari per minggu | |
Transportasi 5 orang pulang pergi @ Rp. 15.000,- | = Rp. 1.200.000,- | |
Konsumsi 5 orang @ Rp. 10.000,- | = Rp 800.000,- | |
Total | = Rp. 2.000.000,- | |
4. | Lain-lain | |
Perbanyak dan jilid 7 eks @ Rp. 30.000,- | = Rp. 210.000,- | |
Total | = Rp. 210.000,- | |
Total Keseluruhan | = Rp. 10.000.000,- |
K. Lampiran
1. Nama dan Biodata Ketua serta Anggota Kelompok
Ketua Pelaksana Kegiatan
a. Nama Lengkap : I Made Yudha Prabawa
b. NIM : 30408446
c. Fakultas/Program Studi : Teknologi Industri / Teknik Industri
d. Perguruan Tinggi : Universitas Gunadarma
e. Waktu untuk kegiatan PKM : 4 jam/minggu
Anggota Pelaksana Pertama
a. Nama Lengkap : Bayu Saputra
b. NIM : 30408443
c. Fakultas/Program Studi : Teknologi Industri / Teknik Industri
d. Perguruan Tinggi : Universitas Gunadarma
e. Waktu untuk kegiatan PKM : 4 jam/minggu
Anggota Pelaksana Kedua
a. Nama Lengkap : Eki Almaidi
b. NIM : 31408014
c. Fakultas/Program Studi : Teknologi Industri / Teknik Industri
d. Perguruan Tinggi : Universitas Gunadarma
e. Waktu untuk kegiatan PKM : 4 jam/minggu
. Anggota Pelaksana Ketiga
a. Nama Lengkap : Juprianto
b. NIM : 30407482
c. Fakultas/Program Studi : Teknologi Industri / Teknik Industri
d. Perguruan Tinggi : Universitas Gunadarma
e. Waktu untuk kegiatan PKM : 4 jam/minggu
Anggota Pelaksana Keempat
a. Nama Lengkap : Muh. Ridwan
b. NIM : 30408564
c. Fakultas/Program Studi : Teknologi Industri / Teknik Industri
d. Perguruan Tinggi : Universitas Gunadarma
e. Waktu untuk kegiatan PKM : 4 jam/minggu
2. Nama dan Biodata Dosen Pendamping
1. Nama Lengkap dan Gelar : Dr. Ir. Hotniar Siringoringo, MSc.
2. Golongan Pangkat dan NIP : 910177
3. Jabatan Fungsional : Lektor Kepala
4. Jabatan Struktural : Ketua Lembaga Penelitian
5. Fakultas/Program Studi : Teknologi Industri/Teknik Industri
6. Perguruan Tinggi : Universitas Gunadarma
7. Bidang Keahlian : Teknik Industri
8. Waktu untuk kegiatan PKM : 3 jam/minggu
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
I. DATA PRIBADI
Nama : I Made Yudha Prabawa
Tempat/tanggal lahir : Jakarta, 24 Juni 1990
Alamat : Vila Nusa Indah 1
Blok E5 No 8
Kab.Bogor
No. Telpon/HP : 08889960564
Status : Belum menikah
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Agama : Hindu
Kewarganegaraan : Indonesia
II. PENDIDIKAN FORMAL
SDN 5 Jatiasih Bekasi 1996 – 2002
SLTPN 9 Bekasi 2002 – 2005
SMAN 67 Jakarta 2005 – 2008
Universitas Gunadarma Bekasi 2008 – sekarang
III. KETERAMPILAN
Terampil menggunakan komputer, terbiasa mengoperasikan Microsoft Office, SPSS, MINITAB, WinQSB dan AutoCAD.
(I Made Yudha Prabawa)
NIM. 30408446
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
I. DATA PRIBADI
Nama : Bayu Saputra
Tempat/tanggal lahir : Bekasi, 24 Aprili 1991
Alamat : Jl. Dilema selatan No. 1
Pondok Hijau Permai, Bekasi Timur
No. Telpon/HP : 02198381660
Status : Belum menikah
Jenis Kelamin : Laki-laki
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
II. PENDIDIKAN FORMAL
SD Jalada Pura 2 Bekasi 1996 – 2002
SMP Mutiara Baru 01 Bekasi 2002 – 2005
SMA YPAN 06 Bekasi 2005 – 2008
Universitas Gunadarma Bekasi 2008 – sekarang
III. KETERAMPILAN
Terampil mengoperasikan komputer, terutama terbiasa menggunakan Microsoft Office, Microsoft Statistical (SPSS, MINITAB), UTOCAD, BAHASA INGGRIS AKTIF & PASIF,
(Bayu Saputra)
NIM. 30406443
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
I. DATA PRIBADI
Nama : Juprianto
Tempat/tanggal lahir : Padang Panjang, 27 Aprili 1989
Alamat : Jl. Lele Raya No. 71
Perumnas 2
Kayuringin, Bekasi selatan
No. Telpon/HP : 021-94365842/081513897093
Status : Belum menikah
Jenis Kelamin : Laki-laki
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
II. PENDIDIKAN FORMAL
SDN 32 Padang 1995 – 2001
SMPN 1 Padang 2001 – 2004
SMK Analis Kimia Padang 2004 – 2007
Universitas Gunadarma Bekasi 2007 – sekarang
III. KETERAMPILAN
Terampil mengoperasikan komputer, terutama terbiasa menggunakan Microsoft Office, Microsoft Statistical (SPSS, MINITAB), UTOCAD, BAHASA INGGRIS AKTIF & PASIF,
(Juprianto)
NIM. 30407482
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
I. DATA PRIBADI
Nama : Muh. Ridwan
Tempat/tanggal lahir : Jakarta, 29 Mei 1990
Alamat : Komp. Chandra Indah Jl.Sumatera
Blok E-14 Rt.002/ 016
Bekasi Selatan 17414
No. Telpon/HP : 021-8489183/085697044565
Status : Belum menikah
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
II. PENDIDIKAN FORMAL
SDN 13 Pagi Lubang Buaya Jakarta 1996 – 2002
SLTPN 20 Jakarta 2002 – 2005
SMU Angkasa 2 Jakarta 2005 – 2008
Universitas Gunadarma Bekasi 2008 – sekarang
III. KETERAMPILAN
Terampil mengoperasikan komputer, terutama terbiasa menggunakan Microsoft Office, Microsoft Statistical (SPSS, MINITAB)
(Muh. Ridwan)
NIM. 30408564
DAFTAR RIWAYAT HIDUP
I. DATA PRIBADI
Nama : Grace Elizabeth
Tempat/tanggal lahir : Bandar Lampung, 4 Januari 1990
Alamat : Jl. Rajawali IV No. 2
Perum Kranggan Permai
Jatisampurna, Bekasi
No. Telpon/HP : 021-8440731/08999004543
Status : Belum menikah
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Kristen
Kewarganegaraan : Indonesia
II. PENDIDIKAN FORMAL
SD Bunda Hati Kudus Bogor 1996 – 2002
SMP Bunda Hati Kudus Bogor 2002 – 2005
SMAN 1 Cileungsi Bogor 2005 – 2008
Universitas Gunadarma Bekasi 2008 – sekarang
III. KETERAMPILAN
Terampil mengoperasikan komputer, terutama terbiasa menggunakan Microsoft Office, Microsoft Statistical (SPSS, MINITAB)
Grace Elizabeth
( )
NIM. 30408397
Tidak ada komentar:
Posting Komentar